Daftar IstilahPengertian
ProdukBarang dan/atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat.
Produk HalalProduk yang telah dinyatakan halal sesuai dengan syariat Islam.
Proses Produk Halal (PPH)Rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan Produk mencakup penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian Produk.
BahanUnsur yang digunakan untuk membuat atau menghasilkan Produk.
Jaminan Produk Halal (JPH)Kepastian hukum terhadap kehalalan suatu Produk yang dibuktikan dengan Sertifikat Halal.
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)Badan yang dibentuk oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan JPH.
Majelis Ulama Indonesia (MUI)Wadah musyawarah para ulama, zuama, dan cendekiawan muslim.
Lembaga Pemeriksa Halal (LPH)Lembaga yang melakukan kegiatan pemeriksaan dan/atau pengujian terhadap kehalalan Produk.
Auditor HalalOrang yang memiliki kemampuan melakukan pemeriksaan kehalalan Produk.
Sertifikat HalalPengakuan kehalalan suatu Produk yang dikeluarkan oleh BPJPH berdasarkan fatwa halal tertulis yang dikeluarkan oleh MUI.
Label HalalTanda kehalalan suatu Produk
Pelaku UsahaOrang perseorangan atau badan usaha berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang menyelenggarakan kegiatan usaha di wilayah Indonesia.
Penyelia HalalOrang yang bertanggung jawab terhadap PPH.
Setiap OrangOrang perseorangan atau badan hukum.
MenteriMenteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama.
Pengawas JPHPegawai aparatur sipil negara yang diangkat oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan JPH.
Nomor RegistrasiSurat yang diterbitkan oleh BPJPH sebagai bukti pemenuhan persyaratan dan pendaftaran pada BPJPH.
KemasanWadah yang digunakan untuk mengemas dan/atau membungkus Produk, baik langsung maupun tidak langsung bersentuhan dengan Produk.
Pegawai Aparatur Sipil Negara (Pegawai ASN)Pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan.
Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Auditor Halal (Diklat Sertifikasi Auditor Halal)Pendidikan dan pelatihan bagi warga negara Indonesia yang beragama Islam untuk membentuk kemampuan melakukan pemeriksaan kehalalan Produk.
Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Penyelia Halal (Diklat Sertifikasi Penyelia Halal)Pendidikan dan pelatihan bagi warga negara Indonesia atau warga negara asing yang beragama Islam untuk membentuk kemampuan menjamin PPH di perusahaan.
Pendidikan dan Pelatihan Pengawas JPH (Diklat Pengawas JPH)Pendidikan dan pelatihan bagi Pegawai ASN yang beragama Islam untuk membentuk kemampuan melakukan pengawasan JPH.
TemuanHasil pengawasan JPH yang dilakukan oleh BPJPH, kementerian terkait, lembaga terkait, dan/atau pemerintah daerah provinsi/kabupaten/ kota terkait dengan adanya dugaan pelanggaran JPH.
LaporanInformasi mengenai dugaan pelanggaran JPH yang disampaikan oleh masyarakat kepada BPJPH.
Penilaian KesesuaianKegiatan untuk menilai bahwa barang, jasa, sistem, proses, atau personel telah memenuhi persyaratan acuan.
Akreditasi LPHRangkaian kegiatan pengakuan formal untuk Penilaian Kesesuaian, kompetensi, dan kelayakan LPH.
Tim Akreditasi LPHSejumlah orang yang berada dalam kelembagaan untuk melakukan Akreditasi LPH dan bertanggung jawab kepada BPJPH.
Kepala BadanKepala BPJPH
HariHari kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.